SPESIFIKASI DAN HARGA HONDA CB150R STREETFIRE

Sudah terpesona dengan Honda Sonic 150R? Tak hanya Si Ayam Jago Sonic 150R saja yang mampu menyita perhatian publik, PT Astra Honda Motor (AHM) pun masih punya satu unit motor baru lagi yang akan membuat Bro dan Sis terbuai. Jika sebelumnya kita telah mengupas Sonic 150R secara lengkap, sekarang saatnya kita menemui Honda CB150R StreetFire yang diluncurkan berbarengan dengan Honda Sonic 150R. Mengusung nama All New CB150R StreetFire, generasi kedua StreetFire ini dihadirkan sebagai versi facelift dari CB150R SF generasi lamanya. Jika Sonic 150R dihadirkan sebagai penantang Suzuki Satria FU, maka Honda CB150R StreetFire ini akan ditempatkan di kelas entry-level motor sport. Lawannya? Jelas Yamaha V-ixion. Sebelum kehadiran New CB150R StreetFire, Yamaha sendiri sudah ‘mencuri start’ dengan meluncurkan All New V-ixion Advance yang merupakan generasi ketiga dari keluarga V-ixion. Jika menilik spesifikasi mesinnya, sebenarnya Honda CB150R StreetFire ini memiliki basis mesin yang sama dengan Sonic 150R. Namun dari segi performa, CB150R versi baru ini jelas mempunyai power lebih bertenaga karena menempati kelas berbeda.

Sekilas, All New Honda CB150R StreetFire ini akan mengingatkan kita kepada salah satu moge Honda yang baru saja diboyong ke Indonesia sekitar dua bulan yang lalu, yaitu CB500F. Sama seperti moge yang merupakan premium motor sport tertsebut, aura naked sport bike juga sangat kental dalam tubuh Honda CB150R StreetFire ini. Dengan shrouds baru yang berada di bagian sampingnya, unit headlamp cover yang terlihat lebih ‘ganas’, serta buritan yang semakin sporty, semuanya benar-benar mengingatkan kita pada sosok CB500F. Jika versi lamanya memiliki tubuh yang bisa dibilang ceking, kali ini Honda CB150R StreetFire hadir dengan dimensi lebih besar dengan dukungan ban tapak lebar juga. Honda sendiri memang menyatakan bahwa antara CB150R StreetFire dengan Sonic 150R memang dibangun dengan basis mesin yang sama. Bahkan, kubikasi mesin pada New CB150R ini sama dengan mesin Sonic 150R, yaitu 149,16cc. Rasio kompresinya pun juga sama, yaitu 11,3:1. Lalu, apakah secara teknis Honda CB150R StreetFire ini sama dengan Honda Sonic 150R? Jawabannya pasti tidak. Seperti yang sudah Mas Sena singgung di awal tadi, meski secara teknis sama namun performa kedua motor baru Honda tersebut berbeda. Nah agar lebih jelas, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda CB150R StreetFire pada segmen berikut ini.

Spesifikasi Honda CB150R

Konsep Desain Naked Sport Bike yang Semakin Agresif
Perubahan yang sangat mencolok pada spesifikasi Honda CB150R StreetFire di bagian desain adalah bajunya yang benar-benar baru dan berbeda dengan generasi lamanya. Jika StreetFire versi lama terlihat ramping, maka Honda CB150R StreetFire generasi baru ini memiliki tubuh yang lebih berotot. Dari bagian muka, wajah New CB150R ini tampil dengan fascia lebih fresh dan meninggalkan muka ‘culun’ versi lamanya. Honda CB150R StreetFire mengusung desain head cover berbentuk V Shape, hampir mirip dengan desain batok lampu Sonic 150R namun dengan ukuran lampu lebih besar. Selain itu, ‘konde’ Honda CB150R StreetFire versi baru ini juga memiliki desain baru dengan aksen bertingkat. Wajah baru CB150R ini membuatnya terlihat lebih ganas dan agresif, ciri khas naked sport bike. Bergerak ke sisi samping, Honda pun mengubah tampilan tangki pada motor barunya ini. Sekilas, tangki baru pada Honda CB150R StreetFire ini condong lebih mirip ke tangki milik V-ixion Lightning. Tangki yang berukuran lebih besar dari versi lama itu berpadu dengan shrouds baru yang memiliki bentuk lebih runcing dan berkarakter. Shrouds atau air-flow pada Honda CB150R StreetFire pun memiliki dimensi yang lebih besar sehingga menutupi hampir separuh rangka tubular yang menjadi ciri khas dari CB150R StreetFire. Dari samping pula kita akan menemukan bentuk muffler baru yang terlihat lebih modern. Jika Honda CB150R StreetFire generasi lama identik dengan muffler pendek berbentuk bulat, maka versi barunya ini memiliki pipa buang yang lebih panjang dengan ujung persegi panjang. Terlihat aneh? Tidak. Justru itu memperkuat kesan berbeda pada motor baru Honda ini. Bagian buritan pada spesifikasi Honda CB150R StreetFire pun juga membawa nuansa baru. Jika dulu CB150R memiliki buntut ‘kalem’, maka kini versi barunya tampil dengan lampu lancip berpadu dengan handgrip runcing terpisah. Satu kata : sangar!
Dashboard Full Digital yang Futuristik
Tidak ketinggalan pada sektor dashboard dari spesifikasi Honda CB150R StreetFire ini pun menampilkan perubahan yang begitu signifikan. Pada panel speedometer digital LCD monochrome ini terdapat dua klaster yang terlihat menyatu berbentuk trapesium terbalik. Klaster pertama pada panel dashboard Honda CB150R StreetFire memiliki bentuk memanjang yang ditempati oleh RPM meter digital, trip meter, penunjuk jam, serta indikator bahan bakar tersedia. Sedangkan di klaster lainnya yang terpisah dengan kluster pertama, terdapat penunjuk kecepatan dengan ukuran huruf besar. Bagian berikutnya dari dashboard Honda CB150R StreetFire di isi oleh indikator lampu, indikator gear netral, indikator mesin, indikator suhu mesin saat overheat, serta indikator lampu utama dan indikator lampu sein. Ubahan pada speifikasi Honda CB150R StreetFire pada bagian dashboard ini terhitung istimewa karena untuk motor sport kelas pemula jarang ada yang menggunakan panel full digital seperti itu.

Dimensi Lebih Besar dengan Rangka Diamond Truss Frame
Spesifikasi Honda CB150R StreetFire pada bagian rangka ini sebenarnya masih mengusung basis rangka yang sama dengan CB150R StreetFire versi lama. Honda masih setia dengan desain rangka Diamond Truss Frame yang sudah terbukti kokoh meski terbuat dari material yang ringan. Secara fisik, Honda CB150R StreetFire ini memiliki dimensi 2.019 x 719 x 1.039 mm dengan bobot mencapai 136 kg. Ukuran tubuh CB150R versi baru ini lebih besar dan berat jika dibandingkan dengan generasi lamanya. Meski bobotnya lumayan berat, namun akselerasi Honda CB150R StreetFire tetap yahud karena jarak sumbu rodanya pas, yaitu 1.293 mm. Honda sendiri sempat berujar bahwa New CB150R ini cocok untuk kaum muda bertinggi 164 cm ke atas. Tubuh Honda CB150R StreetFire memang cukup menjulang. Tinggi joknya saja mencapai 797 mm. Meski memiliki tubuh tinggi besar, namun akselerasinya tak akan berat karena Honda menggunakan teknologi New Alumunium Engine Hanger yang akan membuat mesin semakin tersangga sempurna sehingga kestabilan, kelincahan serta kenyamanan berkendara semakin terasa. Untuk urusan bahan bakar, Honda menyematkan tangki berkapasitas 12 liter pada spesifikasi Honda CB150R StreetFire ini.
Ban Lebih Lebar Hasilkan Handlding Sempurna
Sekarang kita akan membahas spesifikasi Honda CB150R StreetFire pada bagian kaki-kakinya. Pada generasi kedua CB150R StreetFire ini, Honda menggunakan sepasang kaki baru. Ukuran ban pada Honda CB150R StreetFire ini memang terlihat lebih besar dari versi lamanya. Hal ini karena Honda menggunakan ban depan berukuran 100/80-17 52P dan ban belakang 130/70-17 62P. Meski diameter velgnya sama, namun ukuran tapak velg pada New Honda CB150R StreetFire ini lebih lebar. Sementara untuk urusan suspensi, Honda masih setia dengan suspensi teleskopik pada bagian depan. Sedangkan untuk spesifikasi Honda CB150R StreetFire pada bagian belakang, pabrikan asal Jepang itu menyematkan suspensi bersistem Pro-Link dengan lengan ayun suspensi tunggal (monoshock).

Performa Tetap Tangguh dengan Mesin Berstandar Euro3
Saatnya mengupas spesifikasi Honda CB150R StreetFire pada ruang dapur pacunya. Seperti yang sempat Mas Sena ungkap tadi, sebenarnya basis mesin pada CB150R StreetFire ini sama dengan mesin pada Sonic 150R. Namun, mesin pada Honda CB150R StreetFire tetap memiliki perbedaan dengan saudaranya itu. Secara teknis, mesin pada All New CB150R StreetFire ini juga merupakan produk satu gen dengan generasi lamanya. Honda masih mengusung mesin 4-Stroke DOHC silinder tunggal empat katup yang memiliki kubikasi sebesar 149,6 cc. Mesin Honda CB150R StreetFire tersebut memiliki tingkat perbandingan kompresi sebesar 11,3:1, sama dengan Sonic 150R. Nah bedanya dengan Sonic, terletak pada power yang dihasilkannya. Honda CB150R StreetFire ini memiliki power maksimal mencapai 12,4 kW atau setara dengan 16,9 Ps pada 9.000 rpm, sedikit di atas Sonic 150R. Sementara untuk torsi yang dihasilkan, mesin pada New CB150R ini mampu meraih torsi sebesar 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga itu disalurkan oleh transmisi manual enam percepatan. Selain itu, mesin Honda CB150R StreetFire ini juga telah mengadaptasi teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Sama seperti halnya Sonic 150R, New CB150R StreetFire ini juga telah lolos uji emisi Euro2 dan juga Euro3. So, selain kencang pastinya spesifikasi mesin Honda CB150R StreetFire ini juga irit konsumsi BBM. Hitungan konsumsi bahan bakarnya mencapai 40 km/liter.
Fitur Motor Sport Lengkap
Terakhir, kita akan mengulas fitur-fitur dari spesifikasi Honda CB150R StreetFire ini. All New CB150R StreetFire ini memang memiliki fitur-fitur sport bike kelas menengah yang maksimal untuk saat ini. Mulai dari Full Digital Spedometer dengan  tampilan futuristik dan sporty yang akan memberikan informasi lengkap serta fungsional. Lalu, Honda CB150R StreetFire juga dibekali dengan sistem penguncian New Auto Secure Key Shutter yang akan memberikan keamanan maksimal saat motor ditinggalkan dalam waktu yang lama. Sedangkan pada tangkinya, Honda CB150R StreetFire menggunakan tutup tangki model rata yang memberikan tampilan sporty dan modern. Urusan pencahayaan pun juga tak luput dari sentuhan teknologi Honda. Pencahayaan Honda CB150R StreetFire menggunakan lampu jenis LED yang menghasilkan cahaya terang maksimal. Sedangkan dari mesinnya, spesifikasi Honda CB150R StreetFire juga telah menggunakan teknologi mesin berstandar Euro2 dan Euro3. Itu artinya New CB150R StreetFire ini merupakan kendaraan ramah lingkungan dengan tingkat emisi yang rendah.
Honda CB150R
Mesin
Tipe Mesin4 Langkah, DOHC – 4 Katup
Kapasitas Mesin149.16 cc
Sistem Pendingin MesinLiquid Cooled with Auto Fan
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Diameter x Langkah57.3 x 57.8 mm
erbandingan Kompresi11.3:1
Daya Maksimum12.4 kW (16.9 PS) / 9,000 rpm
Torsi Maksimum13.8 Nm (1.41 kgf.m) / 7,000 rpm
Transmisi
Tipe TransmisiManual, 6 – Kecepatan
Pola Perpindahan Gigi1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
Starting SystemPedal & Elektrik
Tipe KoplingMultiple Wet Clutch Coil Spring
Sistem PelumasanWet
Rangka
Tipe RangkaDiamond (Truss) Frame
Panjang x Lebar x Tinggi2.019 x 719 x 1.039 mm
Jarak Sumbu Roda1.293 mm
Jarak Terendah ke Tanah169 mm
Ketinggian Tempat Duduk797 mm
Berat Kosong136 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar12 liter
Pengapian
Tipe PengapianFull Transisterized
Tipe BateraiMF Wet 12V 5Ah
Tipe BusiNGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
Kaki-kaki
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan Ayu Dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link)
Ukuran Ban Depan100/80-17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang130/70-17 62P (Tubeless)
Pengereman
Tipe Rem DepanCakram Hidrolik
Tipe Rem BelakangCakram Hidrolik

Harga Honda CB150R

Membahas spesifikasi tentunya tak lengkap jika kita tak membahas harganya. Sesuai dengan rilis resmi dari PT Astra Honda Motor, banderol harga Honda CB150R StreetFire versi baru ini memang sedikit lebih mahal dari versi lamanya. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan perangkat yang digunakan. Meski bagian interior tak banyak berubah, namun bagian eksterior Honda CB150R StreetFire mengusung sejumlah perubahan yang termasuk ‘radikal’. Mulai dari tampilan lampu depan yang lebih agresif, lalu bentuk tangki baru, serta penggunaan sepasang ban berukuran lebih besar pastinya akan berpengaruh pada harga Honda CB150R StreetFire generasi kedua ini. Dengan bekal spesifikasi mesin berbasis sama dengan versi lamanya, lalu berapakah banderol harga Honda CB150R StreetFire generasi baru ini?



Sesuai dengan informasi yang Mas Sena dapatkan, banderol harga Honda CB150R StreetFire ini adalah sekitar Rp 25,4 jutaan, untuk harga On The Road Jakarta. Jika dibandingkan dengan motor sport kelas entry level lainnya seperti New V-ixion Advance, harga Honda CB150R StreetFire tersebut memang lebih mahal. Sebagai informasi, harga termahal V-ixion Advance adalah Rp 23,7 juta, lebih mahal sekitar Rp 1,5 juta dari harga jual Honda CB150R StreetFire ini. Meski kapasitas mesinnya sama, yakni 150cc, namun antara New CB150R StreetFire dengan V-ixion Advance memiliki basis mesin yang berbeda. Jika V-ixion masih menggunakan basis mesin SOHC, maka New CB150R ini mengusung mesin DOHC. Kalau berbicara keunggulan, keduanya pun memiliki keunggulan masing-masing, meski hingga kini perdebatan tentang siapa yang paling kencang belum berhenti. Meski harga Honda CB150R StreetFire merupakan yang termahal untuk kelas sport entry-level 150cc, namun secara kualitas motor baru Honda ini masih seimbang dengan para kompetitornya.
Harga Honda CB150R
Rp 25,400,000,-
Previous
Next Post »
Thanks for your comment